Scroll untuk baca artikel
Berita

Terkuak! Sumber-Sumber Minyak Bumi RI Masih Bejibun, Ini adalah Buktinya

38
×

Terkuak! Sumber-Sumber Minyak Bumi RI Masih Bejibun, Ini adalah Buktinya

Sebarkan artikel ini

TEGALPOS.COM –

Mataram – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) mengungkapkan Indonesia masih menyimpan sumber-sumber minyak lalu gas bumi (migas) yang tersebut belum dieksplorasi.

Direktur Eksplorasi PHE Muharram Jaya Panguriseng membeberkan dari total cekungan migas yang mana ada di dalam Indonesia, setidaknya baru 20% yang mana dieksplorasi. Sisanya 80% masih belum tersentuh.

“Jumlah cekungan dalam Indonesia sangat banyak juga baru 20% yang digunakan telah diutak-atik dari 20% itu baru 10% yang digunakan sudah ada dibor sehingga kemungkinan kita masih banyak,” kata ia pada acara Dunia Pers Gathering PHE, Selasa (6/2/2024).

Menurut Muharram, PHE pada waktu ini berada dalam mengevaluasi kemungkinan migas yang mana berada di tempat Cekungan Seram, Cekungan Teluk Bone, juga Cekungan Aru. “Kita evaluasi lalu kita ranking mana yang digunakan kira-kira paling emerging di area antara yang dimaksud kita punya itu, lalu kita ajukan ke pemerintah,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengungkapkan kemungkinan minyak serta gas bumi di tempat Indonesia sendiri masih cukup besar untuk dikembangkan. Setidaknya dari 128 cekungan yang tersebut ada, 20 cekungan sudah ada berproduksi, 8 cekungan sudah ada dibor namun belum berproduksi, 19 cekungan indikasi menyimpan hidrokarbon, kemudian 13 cekungan dry hole.

“Dan yang dimaksud belum dilaksanakan pengeboran mirip sekali ada 6-8 basin jadi dari tempat ini kami mengamati kemungkinan Indonesia masih sangat besar mostly berada pada bagian timur laut pada lalu infrastrukturnya butuh pembangunan ekonomi yang besar,” kata beliau beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Dwi mengungkapkan bahwa pihaknya juga tetap saja mencari kemungkinan yang dimaksud ada di area Indonesia bagian barat. Salah satunya melalui kegiatan pengeboran sumur eksplorasi migas non konvensional atau MNK di area Blok Rokan.

“Termasuk namanya MNK atau shale gas atau shale oil yang ketika ini sudah ada mulai kita bor di area bawahnya Rokan kita bor lebih tinggi pada untuk bisa saja buktikan bahwa memang benar ada peluang besar yang mana kemungkinan besar muncul seperti di tempat Amerika,” ujarnya.

Artikel Selanjutnya Temuan Harta Karun Minyak Raksasa dalam Papua Akhirnya Dilelang

SUMBER CNBC.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *