Scroll untuk baca artikel
Internasional

Menlu Retno bahas perkembangan krisis Kawasan Gaza dengan dubes negara Arab

50
×

Menlu Retno bahas perkembangan krisis Kawasan Gaza dengan dubes negara Arab

Sebarkan artikel ini

Ibukota – Menlu Retno mengadakan pertarungan dengan para duta besar negara-negara Arab pada Jakarta, Selasa, guna mendiskusikan perkembangan isu Palestina teristimewa krisis pada Jalur Gaza.

Selama melakukan diskusi yang tersebut berlangsung selama satu jam, Retno menyampaikan pentingnya kesatuan sikap dan juga sikap di memperkuat perjuangan bangsa Palestina, dan juga mempunyai tanggung jawab moral untuk menyokong Palestina.

Untuk itu, menurut dia, Negara Indonesia kemudian negara-negara Arab dapat fokus untuk memverifikasi implementasi Resolusi 2728 Dewan Keselamatan PBB (DK PBB) 2024 –yang memuat isu gencatan senjata.

“Indonesia menyambut baik resolusi tersebut. Namun demikian, kita semua mempunyai tanggung jawab besar untuk meyakinkan resolusi yang disebutkan dapat diimplementasikan kemudian dihormati oleh Israel,” kata Menlu Retno.

Ia menyinggung persoalan banyaknya resolusi DK PBB mengenai Palestina, yang mana menurutnya jika diimplementasikan situasi pada Palestina tidaklah akan seperti ketika ini.

Retno menyayangkan bahwa, pasca Resolusi 2728 yang dimaksud dikeluarkan, negeri Israel masih melanjutkan serangannya.

Lebih lanjut, ia menegaskan dukungan Indonesia untuk keanggotaan penuh Palestina dalam PBB.

“Indonesia memperkuat keanggotaan penuh Palestina di dalam PBB kemudian menghadirkan para duta besar agar negaranya juga melakukan hal yang digunakan sama,” tuturnya.

Retno juga menyatakan dukungan Indonesi pada upaya internasional untuk menyelamatkan badan PBB bagi pengungsi Palestina (UNRWA). Ia mengingatkan bahwa UNRWA memiliki peran besar pada membantu pengungsi Palestina.

Menlu Retno mengapresiasi negara-negara yang digunakan sudah pernah memutuskan untuk kembali memberikan dukungan keuangan. 

Sebelumnya, beberapa negara menangguhkannya dukungan itu akibat tudingan tanah Israel bahwa beberapa anggota staf UNRWA terlibat di serangan kelompok pejuang gerakan Hamas Palestina terhadap tanah Israel pada 7 Oktober 2023.

Dalam reuni itu, para dubes yang mana hadir menyampaikan penghargaan yang dimaksud lebih tinggi menghadapi kepemimpinan Indonesi pada isu Palestina.

Mereka mengaku memperhatikan dengan saksama semua langkah yang dimaksud telah dilakukan dijalankan selama ini oleh Negara Indonesia terkait isu Palestina.

“Seluruh rakyat Negara Indonesia terlibat di menggalang perjuangan Palestina. Saya hargai keaktifan Anda ke beraneka organisasi internasional pada memperjuangkan Palestina,” kata Dubes Palestina untuk Negara Indonesia Zuhair Al-Shun.

Pertemuan Menlu RI dengan perwakilan negara-negara Arab dihadiri oleh tujuh dubes, yaitu dari Palestina, Yordania, Arab Saudi, Aljazair, Suriah, Oman, juga Mesir.

Selain itu, 13 pejabat perwakilan kedutaan besar Bahrain, Mauritania, Yaman, Lebanon, Uni Emirat Arab, Irak, Libya, Qatar, Kuwait, Tunisia, Sudan, Somalia, dan juga Maroko juga berpartisipasi di pertandingan itu.

 

 

Menlu RI sentil standar ganda negara dunia berhadapan dengan isu Palestina

 

Artikel ini disadur dari Menlu Retno bahas perkembangan krisis Gaza bersama dubes negara Arab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1. Keindahan Alam yang Menakjubkan
2. Jelajahi Keajaiban Alam
3. keajaiban dan keindahan alam
4. Pesona Alam yang Memikat
5. Alam dalam Bingkai Lensa
6. Simfoni Alam yang Memukau
7. Karya Agung Alam
8. Lanskap Alam yang Menawan
9. Ekspedisi ke Alam yang Tersembunyi
10. Menyingkap Rahasia-Rahasia Alam
Internasional

kosong Artikel ini disadur dari Mau Serang Israel,…

**Pertanyaan:**

Manfaatkan program loyalitas apa yang digunakan pelanggan Transmart untuk mendapatkan diskon Rp1 juta?

**Jawaban:**

MyTrans
Pelanggan Transmart Ceritakan Kegembiraan Mendapatkan Diskon Rp1 Juta Jakarta – Pelanggan setia Transmart baru-baru ini berbagi pengalaman menyenangkannya saat berbelanja di gerai ritel modern tersebut. Berkat program promosi yang sedang berlangsung, ia berhasil mendapatkan diskon senilai Rp1 juta, sehingga menghemat pengeluarannya secara signifikan. Pelanggan, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan bahwa ia sangat terkejut saat mengetahui jumlah diskon yang diterimanya. “Saya kebetulan sedang berbelanja kebutuhan sehari-hari di Transmart, dan saat saya membayar di kasir, ternyata saya dapat diskon Rp1 juta,” ujarnya. Ia menjelaskan bahwa ia mendapatkan diskon tersebut karena menjadi anggota program loyalitas Transmart, MyTrans. Program ini memberikan poin setiap kali pelanggan berbelanja, yang kemudian dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah, termasuk diskon belanja. “Saya sudah menjadi anggota MyTrans cukup lama, tapi baru kali ini saya mendapatkan diskon sebesar ini,” tambahnya. “Saya sangat senang karena bisa menghemat banyak sekali.” Pelanggan tersebut mengaku akan terus berbelanja di Transmart dan memanfaatkan program loyalitas yang ditawarkan. Ia berharap semakin banyak pelanggan yang dapat merasakan keuntungan menjadi anggota MyTrans. Program MyTrans merupakan salah satu strategi Transmart untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan. Dengan menawarkan berbagai manfaat dan hadiah, program ini diharapkan dapat menarik lebih banyak pelanggan dan mendorong mereka untuk berbelanja lebih sering di Transmart.
Internasional

Transmart Gelar Diskon Meriah, Fasilitasi Impian Ibu Beri…

**Kronologi dan Latar Belakang:**

* Pada 2023, Senator AS Marco Rubio mengkritik Huawei, perusahaan teknologi Tiongkok, atas peluncuran laptop baru yang diduga menimbulkan risiko keamanan.
* Rubio menuduh Huawei memiliki hubungan erat dengan pemerintah Tiongkok dan dapat menggunakan laptopnya untuk memata-matai pengguna AS.
* Huawei membantah tuduhan tersebut, mengklaim bahwa laptopnya aman dan tidak menimbulkan risiko.

**Konteks Historis:**

* Ketegangan antara AS dan Huawei telah berlangsung lama.
* Pemerintah AS telah membatasi bisnis Huawei di AS, dengan alasan masalah keamanan nasional.
* Huawei membantah melakukan kesalahan, menuduh AS melakukan proteksionisme.

**Implikasi Masa Depan:**

* Perdebatan mengenai Huawei diperkirakan akan terus berlanjut.
* AS memandang Huawei sebagai ancaman keamanan potensial, sementara Huawei menyangkal melakukan kesalahan.
* Masih harus dilihat bagaimana pemerintah AS akan menanggapi Huawei di masa depan.

**Perspektif yang Berbeda:**

* Beberapa pihak percaya bahwa Huawei merupakan ancaman bagi keamanan AS.
* Pihak lain percaya bahwa kekhawatiran ini berlebihan.
* Penting untuk mempertimbangkan semua perspektif saat mengevaluasi masalah ini.
Internasional

Kongres AS Geram Atas Perizinan Chip AI Huawei…

**Konflik Israel-Iran**

**Sejarah Awal**

* 1948: Israel merdeka setelah Perang Arab-Israel Pertama.
* 1956: Iran mendukung Mesir selama Krisis Suez.
* 1967: Israel menduduki Tepi Barat, Gaza, dan Dataran Tinggi Golan dalam Perang Enam Hari. Iran mengecam pendudukan ini.
* 1979: Revolusi Islam di Iran menggulingkan Shah dan mendirikan Republik Islam. Pemimpin baru Iran, Ayatollah Khomeini, menyerukan penghancuran Israel.

**Konflik Nyata**

* 1980-1988: Perang Iran-Irak. Israel mendukung Irak, yang dipandang sebagai ancaman terhadap Iran.
* 1982: Israel menginvasi Lebanon untuk mengusir Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yang didukung oleh Iran.
* 1990-an: Iran mulai memberikan dukungan kepada Hizbullah, sebuah kelompok militan Syiah Lebanon yang berjuang melawan Israel.
* 2000-an: Konflik Suriah mengintensifkan persaingan antara Israel dan Iran, karena kedua belah pihak mendukung pihak yang berlawanan dalam perang saudara.

**Program Nuklir Iran**

* 2000-an: Israel menuduh Iran mengembangkan senjata nuklir.
* 2015: Tercapai kesepakatan antara Iran dan enam kekuatan dunia (Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia, Cina, dan Jerman) yang membatasi program nuklir Iran sebagai imbalan atas pencabutan sanksi.
* 2018: Amerika Serikat menarik diri dari kesepakatan nuklir dan menerapkan kembali sanksi terhadap Iran.

**Konflik Terbaru**

* 2019-sekarang: Iran menargetkan pangkalan militer AS di Irak dan kapal tanker di Teluk Persia. Israel melakukan serangan udara terhadap aset Iran di Suriah.
* 2021: Iran memulai program nuklir yang lebih agresif, menimbulkan kekhawatiran akan konfrontasi militer.
* 2023: Israel melakukan serangan udara yang menargetkan fasilitas produksi rudal dan drone Iran di Suriah.

**Dampak Konflik**

Konflik Israel-Iran telah berdampak luas pada Timur Tengah dan dunia:

**Dampak Negatif:**

* Ketidakstabilan di wilayah Timur Tengah
* Ketegangan regional antara negara-negara Arab dan Iran, serta antara Iran dan dunia Barat
* Dampak ekonomi negatif pada Iran dan kawasan akibat sanksi dan potensi konflik militer
* Persaingan geopolitik antara kekuatan regional dan internasional

**Potensi Konsekuensi di Masa Depan:**

Konflik Israel-Iran terus menjadi sumber ketegangan yang signifikan di Timur Tengah, dengan potensi konsekuensi yang menghancurkan bagi kawasan dan dunia, termasuk:

* Konfrontasi militer terbuka antara Israel dan Iran
* Destabilisasi lebih lanjut di Timur Tengah dengan kemungkinan perang regional
* Dampak ekonomi yang lebih parah akibat gangguan perdagangan dan pasokan energi
* Kerusakan hubungan diplomatik dan peningkatan isolasi Iran
Konflik Israel-Iran Konflik Israel-Iran memiliki sejarah panjang yang berakar pada persaingan ideologis, agama, dan geopolitik. Tahun-Tahun Awal * 1948: Israel merdeka setelah Perang Arab-Israel Pertama. * 1956: Iran mendukung Mesir selama Krisis Suez. * 1967: Israel menduduki Tepi Barat, Gaza, dan Dataran Tinggi Golan dalam Perang Enam Hari. Iran mengecam pendudukan ini. * 1979: Revolusi Islam di Iran menggulingkan Shah dan mendirikan Republik Islam. Pemimpin baru Iran, Ayatollah Khomeini, menyerukan penghancuran Israel. Konflik Nyata * 1980-1988: Perang Iran-Irak. Israel mendukung Irak, yang dipandang sebagai ancaman terhadap Iran. * 1982: Israel menginvasi Lebanon untuk mengusir Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yang didukung oleh Iran. * 1990-an: Iran mulai memberikan dukungan kepada Hizbullah, sebuah kelompok militan Syiah Lebanon yang berjuang melawan Israel. * 2000-an: Konflik Suriah mengintensifkan persaingan antara Israel dan Iran, karena kedua belah pihak mendukung pihak yang berlawanan dalam perang saudara. Program Nuklir Iran * 2000-an: Israel menuduh Iran mengembangkan senjata nuklir. * 2015: Tercapai kesepakatan antara Iran dan enam kekuatan dunia (Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia, Cina, dan Jerman) yang membatasi program nuklir Iran sebagai imbalan atas pencabutan sanksi. * 2018: Amerika Serikat menarik diri dari kesepakatan nuklir dan menerapkan kembali sanksi terhadap Iran. Konflik Terbaru * 2019-sekarang: Iran menargetkan pangkalan militer AS di Irak dan kapal tanker di Teluk Persia. Israel melakukan serangan udara terhadap aset Iran di Suriah. * 2021: Iran memulai program nuklir yang lebih agresif, menimbulkan kekhawatiran akan konfrontasi militer. * 2023: Israel melakukan serangan udara yang menargetkan fasilitas produksi rudal dan drone Iran di Suriah. Dampak Konflik Konflik Israel-Iran telah berdampak luas pada Timur Tengah dan dunia: * Ketidakstabilan: Konflik tersebut telah berkontribusi pada ketidakstabilan di wilayah tersebut, termasuk perang di Suriah dan Yaman. * Ketegangan Regional: Konflik tersebut telah meningkatkan ketegangan antara negara-negara Arab dan Iran, serta antara Iran dan dunia Barat. * Dampak Ekonomi: Sanksi terhadap Iran dan potensi konflik militer telah berdampak negatif pada ekonomi negara tersebut dan kawasan. * Persaingan Geopolitik: Konflik tersebut telah menjadi ajang persaingan geopolitik antara kekuatan regional dan internasional, seperti Amerika Serikat, Rusia, dan Cina. Konflik Israel-Iran terus menjadi sumber ketegangan yang signifikan di Timur Tengah, dengan potensi konsekuensi yang menghancurkan bagi kawasan dan dunia.
Internasional

kosong Artikel ini disadur dari Di Ambang Perang:…