Scroll untuk baca artikel
Kuliner

Mengenal Sajian Ikonik Dari Kuliner Bandung Yang Bikin Tercengang

125
×

Mengenal Sajian Ikonik Dari Kuliner Bandung Yang Bikin Tercengang

Sebarkan artikel ini

Mengenal Sajian Ikonik dari Kuliner Bandung yang Bikin Tercengang

Bandung, ibu kota Jawa Barat, terkenal sebagai surga kuliner dengan beragam sajian yang menggugah selera. Dari makanan tradisional hingga hidangan modern, kota ini menawarkan pengalaman bersantap yang tak terlupakan. Berikut adalah beberapa sajian ikonik dari kuliner Bandung yang akan membuat Anda tercengang:

1. Batagor

Batagor, singkatan dari bakso tahu goreng, adalah salah satu makanan jalanan paling populer di Bandung. Hidangan ini terdiri dari tahu yang diisi dengan adonan bakso ikan, kemudian digoreng hingga renyah. Batagor biasanya disajikan dengan saus kacang yang gurih dan segar.

2. Siomay

Siomay adalah hidangan dim sum yang berasal dari Tiongkok, tetapi telah diadaptasi dan menjadi salah satu makanan khas Bandung. Siomay Bandung biasanya terdiri dari siomay ikan, siomay udang, siomay tahu, dan siomay kentang. Hidangan ini disajikan dengan saus kacang dan sambal yang pedas.

3. Cuanki

Cuanki adalah hidangan bakso yang unik dari Bandung. Hidangan ini terdiri dari bakso daging sapi, bakso tahu, dan bakso ikan yang disajikan dalam kuah kaldu yang gurih. Cuanki biasanya dilengkapi dengan siomay, tahu putih, dan pangsit goreng.

4. Seblak

Seblak adalah hidangan mie pedas yang berasal dari Bandung. Hidangan ini terdiri dari mie kuning yang dimasak dengan berbagai bahan seperti kerupuk, sayuran, dan sumber protein seperti ayam atau bakso. Seblak biasanya disajikan dengan kuah yang pedas dan gurih.

5. Karedok

Karedok adalah salad sayuran khas Bandung yang terdiri dari sayuran mentah seperti mentimun, kol, kacang panjang, dan tauge. Sayuran tersebut disiram dengan saus kacang yang gurih dan segar. Karedok biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai lauk.

6. Nasi Timbel

Nasi timbel adalah hidangan nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Hidangan ini biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, ikan asin, dan sambal. Nasi timbel adalah salah satu makanan tradisional Bandung yang masih populer hingga saat ini.

7. Mie Kocok

Mie kocok adalah hidangan mie yang berasal dari Bandung. Hidangan ini terdiri dari mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan kental. Mie kocok biasanya dilengkapi dengan kikil, tauge, dan bawang goreng.

8. Surabi

Surabi adalah kue tradisional Bandung yang terbuat dari tepung beras. Kue ini biasanya disajikan dengan berbagai topping seperti cokelat, keju, atau pisang. Surabi adalah salah satu makanan ringan yang populer di Bandung dan sering disajikan sebagai teman ngopi atau ngeteh.

9. Cimol

Cimol adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung kanji. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus kacang atau sambal. Cimol adalah salah satu makanan ringan yang populer di Bandung dan sering disajikan sebagai teman ngobrol atau nonton film.

10. Bandrek

Bandrek adalah minuman tradisional Bandung yang terbuat dari jahe, gula merah, dan rempah-rempah. Minuman ini biasanya disajikan hangat dan memiliki rasa yang pedas dan menghangatkan. Bandrek adalah salah satu minuman yang populer di Bandung dan sering disajikan saat cuaca dingin.

Itulah beberapa sajian ikonik dari kuliner Bandung yang akan membuat Anda tercengang. Dari makanan jalanan hingga hidangan tradisional, kota ini menawarkan pengalaman bersantap yang tak terlupakan. Jadi, jika Anda berkunjung ke Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi sajian-sajian yang luar biasa ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *