Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Trik Membuat Lipstik Matte Tahan Lama

54
×

Trik Membuat Lipstik Matte Tahan Lama

Sebarkan artikel ini

Trik Jitu Membuat Lipstik Matte Tahan Lama

Lipstik matte menjadi pilihan banyak wanita karena tampilannya yang elegan dan tahan lama. Namun, terkadang lipstik matte bisa terasa kering dan mudah luntur. Untuk mengatasi masalah ini, berikut beberapa trik jitu membuat lipstik matte tahan lama:

1. Eksfoliasi Bibir

Sebelum mengaplikasikan lipstik matte, eksfoliasi bibir terlebih dahulu untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Ini akan menciptakan permukaan bibir yang halus dan membantu lipstik menempel lebih baik. Gunakan scrub bibir yang lembut atau sikat gigi berbulu lembut dengan sedikit air.

2. Gunakan Lip Primer

Lip primer berfungsi sebagai dasar untuk lipstik, membantu menciptakan lapisan pelindung dan mencegah lipstik menempel pada garis-garis halus. Aplikasikan lip primer secara tipis dan merata ke seluruh bibir sebelum menggunakan lipstik matte.

3. Aplikasikan Lipstik dalam Dua Lapisan

Untuk hasil yang lebih tahan lama, aplikasikan lipstik matte dalam dua lapisan tipis. Biarkan lapisan pertama mengering sebelum mengaplikasikan lapisan kedua. Ini akan membantu menciptakan lapisan yang lebih tebal dan tahan lama.

4. Gunakan Lip Liner

Lip liner membantu mendefinisikan bentuk bibir dan mencegah lipstik matte meluber. Gunakan lip liner dengan warna yang sama atau sedikit lebih gelap dari lipstik matte Anda. Gambar garis tipis di sepanjang garis bibir dan isi bagian dalam bibir.

5. Set dengan Bedak Tabur

Setelah mengaplikasikan lipstik matte, set dengan bedak tabur transparan. Ambil sedikit bedak tabur dengan spons atau kuas dan tepuk-tepuk lembut ke seluruh bibir. Ini akan membantu menyerap minyak berlebih dan membuat lipstik lebih tahan lama.

6. Hindari Makanan Berminyak

Makanan berminyak dapat memecah lipstik matte dan membuatnya luntur lebih cepat. Hindari mengonsumsi makanan berminyak seperti pizza, kentang goreng, atau makanan berlemak lainnya saat memakai lipstik matte.

7. Gunakan Sedotan

Saat minum dari gelas, gunakan sedotan untuk menghindari lipstik matte menempel pada gelas. Ini akan membantu menjaga lipstik tetap utuh dan tahan lama.

8. Hindari Menggosok Bibir

Menggosok bibir dapat membuat lipstik matte luntur. Hindari menyentuh atau menggosok bibir secara berlebihan, terutama setelah makan atau minum.

9. Gunakan Lip Gloss

Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih berkilau, aplikasikan sedikit lip gloss bening di atas lipstik matte. Lip gloss akan membantu melembapkan bibir dan membuat lipstik lebih tahan lama.

10. Retouch Secara Berkala

Tergantung pada aktivitas dan kondisi bibir Anda, Anda mungkin perlu melakukan retouch lipstik matte secara berkala. Bawa selalu lipstik matte Anda dan aplikasikan ulang saat diperlukan.

Tips Tambahan:

  • Pilih lipstik matte dengan formula tahan lama.
  • Hindari menggunakan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik matte.
  • Gunakan kuas bibir untuk mengaplikasikan lipstik matte dengan lebih presisi.
  • Simpan lipstik matte di tempat yang sejuk dan kering.
  • Bersihkan bibir dengan pembersih riasan yang lembut untuk menghilangkan lipstik matte.

Dengan mengikuti trik-trik ini, Anda dapat membuat lipstik matte Anda tahan lama sepanjang hari, memberikan tampilan yang sempurna dan percaya diri.

Trik Membuat Lipstik Matte Tahan Lama

Lipstik matte menjadi pilihan populer karena hasil akhirnya yang halus, tidak mengkilap, dan tahan lama. Namun, terkadang lipstik matte dapat terasa kering atau mudah luntur. Dengan mengikuti beberapa trik sederhana, Anda dapat membuat lipstik matte Anda tahan lama sepanjang hari.

Langkah-langkah Membuat Lipstik Matte Tahan Lama:

1. Eksfoliasi Bibir

Bibir yang kering dan pecah-pecah akan membuat lipstik matte terlihat tidak rata dan mudah luntur. Eksfoliasi bibir Anda dengan scrub bibir atau sikat gigi lembut untuk menghilangkan sel kulit mati dan membuat permukaan bibir lebih halus.

2. Gunakan Primer Bibir

Primer bibir menciptakan lapisan dasar yang membantu lipstik menempel lebih baik dan mencegahnya luntur. Oleskan primer bibir tipis-tipis ke seluruh bibir sebelum mengaplikasikan lipstik.

3. Aplikasikan Lipstik dengan Tepat

Gunakan kuas bibir untuk mengaplikasikan lipstik matte secara merata dan presisi. Mulailah dari bagian tengah bibir dan ratakan ke arah tepi. Hindari mengoleskan lipstik terlalu tebal, karena dapat membuat lipstik cepat luntur.

4. Blot Bibir

Setelah mengaplikasikan lipstik, blot bibir Anda dengan tisu untuk menghilangkan kelebihan produk. Ini akan membantu mengunci lipstik dan membuatnya lebih tahan lama.

5. Set dengan Bedak Tabur

Setelah memblot bibir, aplikasikan sedikit bedak tabur transparan ke seluruh bibir menggunakan kuas atau spons. Bedak akan membantu menyerap minyak dan membuat lipstik lebih tahan lama.

6. Gunakan Lip Liner

Lip liner dapat membantu mencegah lipstik luntur di luar garis bibir. Aplikasikan lip liner di sepanjang garis bibir sebelum mengaplikasikan lipstik.

7. Hindari Makanan Berminyak

Makanan berminyak dapat melarutkan lipstik matte dan membuatnya luntur. Hindari makanan seperti pizza, kentang goreng, atau makanan berlemak lainnya saat mengenakan lipstik matte.

8. Retouch dengan Benar

Jika lipstik matte Anda mulai luntur, jangan mengoleskannya kembali secara langsung. Blot bibir Anda terlebih dahulu untuk menghilangkan kelebihan minyak, lalu aplikasikan kembali lipstik tipis-tipis.

Kesimpulan

Dengan mengikuti trik-trik di atas, Anda dapat membuat lipstik matte Anda tahan lama sepanjang hari. Ingatlah untuk mengeksfoliasi bibir, menggunakan primer bibir, mengaplikasikan lipstik dengan tepat, memblot bibir, mengaturnya dengan bedak tabur, menggunakan lip liner, menghindari makanan berminyak, dan melakukan retouch dengan benar. Dengan sedikit usaha ekstra, Anda dapat menikmati lipstik matte yang tahan lama dan terlihat memukau.

FAQ Unik:

1. Bisakah saya menggunakan bedak bayi sebagai pengganti bedak tabur transparan?

Tidak disarankan menggunakan bedak bayi sebagai pengganti bedak tabur transparan karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi.

2. Apakah lipstik matte cocok untuk semua jenis bibir?

Lipstik matte dapat membuat bibir kering terasa lebih kering. Jika Anda memiliki bibir kering, disarankan untuk menggunakan lipstik matte yang mengandung bahan pelembap.

3. Bagaimana cara menghilangkan lipstik matte dengan benar?

Gunakan penghapus riasan berbasis minyak atau balm pembersih untuk menghilangkan lipstik matte. Hindari menggosok bibir terlalu keras, karena dapat menyebabkan iritasi.

4. Apakah lipstik matte tahan air?

Beberapa lipstik matte tahan air, tetapi tidak semuanya. Periksa label produk untuk mengetahui apakah lipstik matte yang Anda gunakan tahan air.

5. Bisakah saya membuat lipstik matte sendiri?

Anda dapat membuat lipstik matte sendiri dengan mencampurkan pigmen lipstik dengan lilin lebah dan minyak pembawa. Namun, prosesnya bisa rumit dan hasilnya mungkin tidak selalu memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *