Scroll untuk baca artikel
Pariwisata

Pusaka Rasa Nusantara peringkat festival lestarikan resep tradisional

46
×

Pusaka Rasa Nusantara peringkat festival lestarikan resep tradisional

Sebarkan artikel ini

TEGALPOS.COM – Ibukota Indonesia – Dalam upaya melestarikan budaya dan juga resep asli gastronomi Indonesia, Pusaka Rasa Nusantara mengadakan festival dengan tema “Merayakan Gastronomi Indonesia” untuk melestarikan resep tradisional yang mana terancam punah.

 
Ketua pasukan Pusaka Rasa Nusantara Meilati Batubara pada waktu jumpa pers di dalam Jakarta, Jumat, mengungkapkan acara "Merayakan Gastronomi Indonesia" diadakan untuk mengangkat resep dan juga budaya gastronomi Indonesia dari nenek moyang yang tersebut menghadapi krisis kepunahan sebab sudah ada bukan ada yang dimaksud meneruskan resep tersebut.
 
"Indonesia kehilangan resep kuliner lalu budaya oleh sebab itu leluhurnya meninggal. Kita perlu mendata akibat berbagai resep yang mana nggak ada pada buku atau internet. Festival ini menghadirkan temuan aneh, menarik, unik dari kuliner Indonesia," ucap Meilati.

 
"Merayakan Gastronomi Indonesia" merupakan proyek kerja identik yang mana diadakan oleh Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia yang didukung oleh otoritas Amerika Serikat melalui acara Ambassadors Fund for Cultural Preservation (AFCP) dari Kedutaan Amerika Serikat di dalam Jakarta.
 
Ambassador’s Fund for Cultural Preservation adalah kegiatan dana hibah internasional dari Kementrian Luar Negeri Negeri Paman Sam yang dimaksud menggalang preservasi situs arkeologi, bangunan juga monumen bersejarah, koleksi museum, serta berbagai bentuk ekspresi budaya seperti bahasa lalu karya.
 
Amerika juga Indonesia miliki kesamaan di tradisi budaya yang dimaksud kaya kemudian beragam. Pusaka Rasa Nusantara adalah proyek pertama pada sejarah 20 tahun AFCP yang digunakan berfokus pada preservasi warisan kuliner kemudian tradisi makanan.
 
Melalui riset, eksplorasi lapangan, kemudian dokumentasi buku serta video, proyek itu telah menyatukan kekayaan sejarah kuliner yang dimaksud memiliki ikatan erat dengan nilai-nilai budaya kemudian partisipasi terhadap keberlangsungan lingkungan.
 
"Selain menarik dan juga baru oleh sebab itu Indonesia juga Amerika miliki keberagaman sebagai identitas negara. Di Amerika juga banyak keberagaman kultur, bahasa lalu kuliner. Dua tahun proyek ini berjalan sudah ada lebih besar dari sembilan tempat di tempat seluruh Indonesia untuk dokumentasi warisan kuliner kemudian melestarikannya," ucap Atase Kebudayaan Kedutaan Besar Amerika Serikat dalam Indonesia Emily Yasmin Norris.
 
Pembina Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia Amanda Katili mengungkapkan tujuan adanya proyek ini agar sanggup membantu menghurangi krisis iklim akibat pengaplikasian substansi alam yang berlebihan. Selain itu, adanya dokumentasi teknik memasak masakan tradisional bisa saja mengangkat ketertarikan penduduk muda terhadap makanan lokal.
 
Acara Festival Merayakan Gastronomi Indonesia akan berlangsung di dalam Taman Ismail Marzuki tanggal 2-11 Februari. Akan ada ruang diskusi dengan koki ternama terkait kuliner lokal, pop-up gastronomi museum, pemutaran film tentang perjalanan pelestarian resep tradisional serta stand-up comedy dengan tema kuliner.

SUMBER ANTARANEWS.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *