Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Mengatasi Rasa Tidak Nyaman Saat Behel Digunakan

64
×

Mengatasi Rasa Tidak Nyaman Saat Behel Digunakan

Sebarkan artikel ini

Mengatasi Rasa Tidak Nyaman saat Menggunakan Behel

Penggunaan behel merupakan solusi umum untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rapi atau tidak sejajar. Meskipun behel dapat memberikan hasil yang memuaskan, namun proses penggunaannya sering kali diiringi dengan rasa tidak nyaman. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi rasa tidak nyaman tersebut:

1. Gunakan Lilin Ortodontik

Lilin ortodontik adalah bahan lunak yang dapat diaplikasikan pada kawat atau braket behel. Lilin ini berfungsi sebagai bantalan yang melindungi jaringan lunak di dalam mulut dari gesekan dan iritasi yang disebabkan oleh behel.

2. Kumur dengan Air Garam Hangat

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gusi dan jaringan lunak di sekitar behel. Larutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat dan kumur selama beberapa menit.

3. Konsumsi Makanan Lembut

Selama beberapa hari pertama setelah pemasangan behel, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lembut dan mudah dikunyah. Hindari makanan keras, kenyal, atau lengket yang dapat merusak behel atau menyebabkan rasa sakit.

4. Hindari Makanan Panas atau Dingin

Makanan atau minuman yang sangat panas atau dingin dapat menyebabkan sensitivitas gigi yang meningkat pada pengguna behel. Sebaiknya tunggu hingga makanan dan minuman mencapai suhu ruangan sebelum dikonsumsi.

5. Gunakan Obat Pereda Nyeri

Jika rasa sakit akibat behel tidak dapat ditoleransi, obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau asetaminofen dapat dikonsumsi sesuai petunjuk dokter.

6. Sikat Gigi Secara Teratur

Menjaga kebersihan mulut sangat penting selama penggunaan behel. Sikat gigi secara teratur dengan pasta gigi berfluoride untuk mencegah penumpukan plak dan bakteri yang dapat menyebabkan peradangan dan rasa sakit.

7. Gunakan Floss

Flossing secara teratur membantu menghilangkan sisa makanan dan plak yang terjebak di antara gigi dan behel. Ini dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan gusi, serta mengurangi rasa tidak nyaman.

8. Hindari Merokok

Merokok dapat memperlambat proses penyembuhan dan meningkatkan risiko infeksi pada jaringan lunak di sekitar behel. Sebaiknya hindari merokok selama penggunaan behel.

9. Hindari Menggigit Kuku

Menggigit kuku dapat memberikan tekanan pada behel dan menyebabkan kerusakan. Selain itu, dapat memperkenalkan bakteri ke dalam mulut, yang dapat menyebabkan infeksi.

10. Hindari Mengunyah Es

Mengunyah es dapat merusak behel dan menyebabkan rasa sakit pada gigi. Sebaiknya hindari mengunyah es selama penggunaan behel.

11. Kunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

Kunjungan rutin ke dokter gigi sangat penting untuk memantau kemajuan perawatan dan mengatasi masalah yang mungkin timbul. Dokter gigi dapat menyesuaikan behel sesuai kebutuhan, mengganti kawat, atau memberikan perawatan tambahan jika diperlukan.

12. Sabar dan Konsisten

Mengatasi rasa tidak nyaman saat menggunakan behel membutuhkan kesabaran dan konsistensi. Rasa tidak nyaman biasanya akan berkurang seiring waktu seiring dengan penyesuaian tubuh terhadap behel.

13. Berkomunikasi dengan Dokter Gigi

Jika rasa tidak nyaman akibat behel terus berlanjut atau memburuk, penting untuk berkomunikasi dengan dokter gigi. Dokter gigi dapat mengevaluasi situasi dan memberikan solusi yang tepat.

14. Pertimbangkan Behel Transparan

Behel transparan, seperti Invisalign, dapat menjadi pilihan yang lebih nyaman dibandingkan behel logam tradisional. Behel transparan dapat dilepas, sehingga memudahkan untuk makan, minum, dan membersihkan gigi.

15. Ingat Tujuannya

Mengingat tujuan akhir dari penggunaan behel, yaitu untuk mendapatkan senyum yang indah dan sehat, dapat membantu memotivasi untuk mengatasi rasa tidak nyaman yang mungkin timbul.

Menggunakan behel memang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi dengan mengikuti tips di atas, rasa tidak nyaman tersebut dapat diatasi dan proses perawatan dapat berjalan dengan lancar. Dengan kesabaran dan perawatan yang tepat, behel dapat membantu mencapai senyum yang diinginkan.

Mengatasi Rasa Tidak Nyaman Saat Menggunakan Behel

Penggunaan behel atau kawat gigi merupakan prosedur ortodontik yang umum dilakukan untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rapi. Meski dapat memberikan hasil yang memuaskan, penggunaan behel seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman, terutama pada tahap awal. Berikut beberapa cara untuk mengatasi rasa tidak nyaman tersebut:

1. Obat Pereda Nyeri

Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau asetaminofen, dapat membantu meredakan nyeri dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh behel. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau dokter gigi sebelum menggunakan obat apa pun.

2. Lilin Ortodontik

Lilin ortodontik adalah bahan lunak yang dapat dioleskan pada bagian behel yang mengiritasi gusi atau pipi. Lilin ini berfungsi sebagai bantalan untuk mengurangi gesekan dan rasa sakit.

3. Kumur Air Garam Hangat

Berkumur dengan air garam hangat beberapa kali sehari dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada gusi. Air garam juga dapat membantu membersihkan sisa makanan yang menempel pada behel.

4. Es Batu

Mengompres bagian luar pipi atau rahang dengan es batu dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri. Es batu juga dapat membantu mematikan rasa sakit sementara.

5. Hindari Makanan Keras dan Lengket

Makanan keras, seperti kacang-kacangan atau permen, dapat merusak behel dan menyebabkan rasa sakit. Makanan lengket, seperti permen karet atau karamel, dapat menempel pada behel dan sulit dibersihkan, sehingga meningkatkan risiko kerusakan gigi.

6. Jaga Kebersihan Gigi

Menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi secara teratur dan menggunakan benang gigi sangat penting untuk mencegah penumpukan plak dan bakteri. Hal ini dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada gusi.

7. Hindari Menggigit Kuku

Menggigit kuku dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada behel, menyebabkan rasa sakit dan kerusakan.

8. Kunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

Mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk pemeriksaan dan penyesuaian behel sangat penting untuk memastikan perawatan berjalan dengan baik dan untuk mengatasi masalah apa pun yang mungkin timbul.

Kesimpulan

Mengatasi rasa tidak nyaman saat menggunakan behel memerlukan kesabaran dan perawatan yang tepat. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meminimalkan ketidaknyamanan dan memastikan perawatan ortodontik Anda berjalan dengan lancar. Ingatlah bahwa rasa tidak nyaman biasanya berkurang seiring waktu saat gigi Anda menyesuaikan diri dengan behel.

FAQ Unik

  1. Apakah behel dapat menyebabkan bau mulut?

Ya, behel dapat menjebak makanan dan bakteri, yang dapat menyebabkan bau mulut. Menjaga kebersihan gigi dengan baik dan menggunakan obat kumur dapat membantu mencegah masalah ini.

  1. Apakah saya bisa memakai lipstik saat menggunakan behel?

Ya, Anda bisa memakai lipstik, tetapi hindari lipstik yang mengandung bahan lengket atau berkilau. Bahan-bahan tersebut dapat menempel pada behel dan sulit dibersihkan.

  1. Bagaimana cara membersihkan behel dengan benar?

Gunakan sikat gigi khusus ortodontik dan pasta gigi berfluoride untuk membersihkan behel dan gigi Anda. Gunakan benang gigi ortodontik untuk membersihkan sela-sela gigi dan di bawah kawat behel.

  1. Apakah behel dapat menyebabkan kerusakan gigi?

Tidak, behel itu sendiri tidak menyebabkan kerusakan gigi. Namun, kebersihan gigi yang buruk dapat menyebabkan penumpukan plak dan bakteri di sekitar behel, yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

  1. Apakah saya bisa makan popcorn saat menggunakan behel?

Tidak disarankan makan popcorn saat menggunakan behel. Biji popcorn yang keras dapat merusak behel dan menyebabkan rasa sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *