Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Kiat Merawat Kulit Saat Berenang Di Kolam Renang

57
×

Kiat Merawat Kulit Saat Berenang Di Kolam Renang

Sebarkan artikel ini

Kiat Merawat Kulit Saat Berenang di Kolam Renang

Berenang di kolam renang merupakan aktivitas yang menyegarkan dan menyenangkan. Namun, paparan klorin dan bahan kimia lainnya dalam air kolam renang dapat berdampak negatif pada kulit. Berikut adalah beberapa kiat untuk merawat kulit Anda saat berenang di kolam renang:

Sebelum Berenang:

  • Gunakan pelembap: Oleskan pelembap yang kaya ke seluruh tubuh Anda sebelum berenang. Ini akan membantu menciptakan penghalang pelindung pada kulit Anda dan mengurangi penyerapan klorin.
  • Pakai tabir surya: Meskipun kolam renang biasanya berada di dalam ruangan, sinar UV masih dapat menembus air dan merusak kulit Anda. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 dan oleskan kembali setiap dua jam.
  • Bilas dengan air bersih: Sebelum masuk ke kolam renang, bilas tubuh Anda dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan keringat yang dapat bereaksi dengan klorin.

Saat Berenang:

  • Batasi waktu berenang: Paparan klorin yang berlebihan dapat mengiritasi kulit. Batasi waktu berenang Anda hingga sekitar satu jam untuk meminimalkan efek negatif.
  • Hindari menyelam: Menyelam dapat menyebabkan kulit Anda bersentuhan langsung dengan konsentrasi klorin yang lebih tinggi di bagian bawah kolam.
  • Gunakan kacamata renang: Kacamata renang melindungi mata Anda dari klorin dan bahan kimia lainnya yang dapat menyebabkan iritasi.

Setelah Berenang:

  • Bilas dengan air bersih: Segera setelah keluar dari kolam renang, bilas tubuh Anda dengan air bersih untuk menghilangkan klorin dan bahan kimia lainnya.
  • Mandi dengan sabun lembut: Mandi dengan sabun lembut dan air hangat untuk membersihkan kulit Anda secara menyeluruh. Hindari menggunakan sabun yang keras atau mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit.
  • Gunakan pelembap: Setelah mandi, oleskan pelembap yang kaya ke seluruh tubuh Anda untuk mengembalikan kelembapan dan melindungi kulit Anda.
  • Eksfoliasi secara teratur: Eksfoliasi kulit Anda secara teratur untuk menghilangkan sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Gunakan scrub lembut yang tidak mengiritasi kulit.

Tips Tambahan:

  • Hindari berbagi handuk: Berbagi handuk dapat menyebarkan bakteri dan jamur. Selalu gunakan handuk bersih Anda sendiri.
  • Gunakan alas kaki: Kenakan alas kaki saat berjalan di sekitar area kolam renang untuk melindungi kaki Anda dari infeksi jamur.
  • Jaga kebersihan kolam: Pastikan kolam renang dirawat dengan baik dan memiliki kadar klorin yang sesuai.
  • Konsultasikan dengan dokter kulit: Jika Anda memiliki kulit sensitif atau kondisi kulit yang sudah ada sebelumnya, konsultasikan dengan dokter kulit sebelum berenang di kolam renang.

Dengan mengikuti kiat-kiat ini, Anda dapat meminimalkan efek negatif klorin pada kulit Anda dan menikmati berenang dengan aman dan nyaman. Ingatlah untuk selalu memprioritaskan kesehatan kulit Anda dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindunginya dari kerusakan.

Kiat Merawat Kulit saat Berenang di Kolam Renang

Berenang adalah aktivitas yang menyegarkan dan menyehatkan, tetapi juga dapat berdampak pada kulit Anda. Klorin, bahan kimia yang digunakan untuk mendisinfeksi kolam renang, dapat membuat kulit kering, iritasi, dan bahkan menyebabkan masalah kulit seperti eksim dan psoriasis.

Berikut adalah beberapa kiat untuk membantu Anda merawat kulit saat berenang di kolam renang:

Sebelum Berenang:

  • Mandi dengan air hangat: Mandi dengan air hangat sebelum berenang akan membantu membuka pori-pori kulit Anda dan memungkinkan klorin meresap lebih dalam.
  • Oleskan pelembap: Oleskan pelembap tebal ke seluruh tubuh Anda, terutama pada area yang cenderung kering seperti tangan, kaki, dan wajah. Pelembap akan menciptakan penghalang antara kulit Anda dan klorin.
  • Gunakan tabir surya: Meskipun Anda berada di dalam air, sinar matahari masih dapat menembus dan merusak kulit Anda. Oleskan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi ke seluruh tubuh Anda, termasuk wajah dan telinga.

Saat Berenang:

  • Batasi waktu berenang: Berenang terlalu lama di kolam renang yang mengandung klorin dapat mengiritasi kulit Anda. Batasi waktu berenang Anda hingga 30-60 menit.
  • Bilas secara teratur: Bilas tubuh Anda dengan air bersih setiap 20-30 menit untuk menghilangkan klorin dari kulit Anda.
  • Hindari menggosok kulit: Menggosok kulit Anda dengan keras dapat memperburuk iritasi. Bilas kulit Anda dengan lembut dan tepuk-tepuk hingga kering.

Setelah Berenang:

  • Bilas dengan air bersih: Bilas tubuh Anda dengan air bersih secepatnya setelah berenang untuk menghilangkan klorin dan bahan kimia lainnya dari kulit Anda.
  • Mandi dengan sabun lembut: Mandi dengan sabun lembut dan air hangat untuk membersihkan kulit Anda lebih lanjut.
  • Oleskan pelembap: Oleskan pelembap tebal ke seluruh tubuh Anda, terutama pada area yang cenderung kering. Pelembap akan membantu menenangkan dan melembapkan kulit Anda.
  • Hindari menggaruk kulit: Jika kulit Anda gatal, hindari menggaruknya. Menggaruk dapat memperburuk iritasi dan menyebabkan infeksi.

Tips Tambahan:

  • Gunakan pakaian renang yang pas: Pakaian renang yang pas akan membantu mengurangi jumlah klorin yang bersentuhan dengan kulit Anda.
  • Hindari berenang di kolam renang yang terlalu banyak klorin: Jika Anda melihat kolam renang terlihat keruh atau berbau menyengat, kemungkinan besar kolam tersebut mengandung terlalu banyak klorin.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang diformulasikan untuk perenang: Produk-produk ini biasanya mengandung bahan-bahan yang membantu melindungi kulit dari klorin dan bahan kimia lainnya.
  • Konsultasikan dengan dokter kulit: Jika Anda mengalami iritasi kulit yang parah atau berkelanjutan setelah berenang di kolam renang, konsultasikan dengan dokter kulit.

Kesimpulan

Dengan mengikuti kiat-kiat ini, Anda dapat membantu melindungi kulit Anda dari efek negatif klorin saat berenang di kolam renang. Dengan merawat kulit Anda dengan baik, Anda dapat menikmati manfaat kesehatan dari berenang tanpa mengkhawatirkan masalah kulit.

FAQ Unik

  1. Bisakah saya berenang di kolam renang jika saya memiliki eksim?

Anda dapat berenang di kolam renang jika Anda memiliki eksim, tetapi penting untuk mengambil tindakan pencegahan tambahan. Oleskan pelembap tebal sebelum dan sesudah berenang, dan batasi waktu berenang Anda.

  1. Apakah klorin dapat menyebabkan jerawat?

Klorin tidak secara langsung menyebabkan jerawat, tetapi dapat memperburuk jerawat yang sudah ada sebelumnya. Klorin dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan iritasi, yang dapat memicu peradangan dan jerawat.

  1. Bagaimana cara menghilangkan bau klorin dari kulit saya?

Untuk menghilangkan bau klorin dari kulit Anda, bilas tubuh Anda dengan air bersih secepatnya setelah berenang. Anda juga dapat menggunakan sabun penghilang klorin atau produk perawatan kulit yang diformulasikan untuk perenang.

  1. Apakah berenang di kolam renang dapat merusak rambut saya?

Klorin dapat merusak rambut, membuatnya kering dan rapuh. Untuk melindungi rambut Anda, basahi rambut Anda sebelum berenang dan oleskan kondisioner sebagai pelindung. Anda juga dapat mengenakan topi renang untuk membatasi jumlah klorin yang bersentuhan dengan rambut Anda.

  1. Apa yang harus saya lakukan jika kulit saya terbakar matahari setelah berenang?

Jika kulit Anda terbakar matahari setelah berenang, segera oleskan kompres dingin ke area yang terkena. Anda juga dapat mengoleskan losion lidah buaya atau krim hidrokortison untuk meredakan peradangan dan rasa sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *