Scroll untuk baca artikel
Terpopuler

Fungsi, Model, Dan Contoh Komunikasi Dalam Masyarakat: Pentingnya Sosial Komunikasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

36
×

Fungsi, Model, Dan Contoh Komunikasi Dalam Masyarakat: Pentingnya Sosial Komunikasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebarkan artikel ini

Sosial Komunikasi: Fungsi, Model, dan Contoh Komunikasi dalam Masyarakat

Pengertian Sosial Komunikasi

Sosial komunikasi merupakan proses pertukaran informasi, ide, atau emosi antara individu atau kelompok dalam masyarakat. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena melalui komunikasi, manusia dapat saling berinteraksi, berbagi informasi, serta membangun hubungan sosial.

Fungsi Sosial Komunikasi

Model Komunikasi Berlo: Konsep dan Karakteristiknya Halaman all
Model Komunikasi Berlo: Konsep dan Karakteristiknya Halaman all

Salah satu fungsi utama dari sosial komunikasi adalah untuk membangun hubungan antara individu atau kelompok dalam masyarakat. Komunikasi juga digunakan untuk menyampaikan informasi, mempengaruhi perilaku orang lain, serta memperkuat identitas sosial.

Model Komunikasi

Model Komunikasi Shannon dan Weaver: Konsep dan Karakteristiknya
Model Komunikasi Shannon dan Weaver: Konsep dan Karakteristiknya

Terdapat beberapa model komunikasi yang umum digunakan dalam masyarakat, salah satunya adalah model komunikasi Shannon-Weaver. Model ini terdiri dari beberapa elemen, yaitu sumber informasi, pesan, saluran komunikasi, penerima pesan, serta feedback. Model ini menggambarkan bagaimana informasi disampaikan dan diterima oleh pihak yang terlibat dalam komunikasi.

Contoh Komunikasi dalam Masyarakat

Model, Media, Bentuk, Fungsi dan Tujuan Komunikasi  PDF
Model, Media, Bentuk, Fungsi dan Tujuan Komunikasi PDF

Contoh komunikasi dalam masyarakat bisa dilihat dalam berbagai bentuk, mulai dari komunikasi verbal seperti percakapan sehari-hari, hingga komunikasi non-verbal seperti bahasa tubuh dan ekspresi wajah. Selain itu, media sosial juga merupakan contoh komunikasi dalam masyarakat yang semakin populer dalam era digital ini.

Di media sosial, orang-orang dapat berkomunikasi dengan mudah melalui berbagai platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Mereka dapat saling berbagi informasi, berdiskusi, bahkan membangun komunitas online.

Selain itu, komunikasi dalam masyarakat juga terjadi dalam konteks organisasi, seperti di tempat kerja. Komunikasi antara atasan dan bawahan, antar rekan kerja, serta antara perusahaan dan konsumen merupakan bagian penting dari kelangsungan suatu organisasi.

Contoh lain dari komunikasi dalam masyarakat adalah komunikasi politik. Dalam konteks ini, politikus menggunakan berbagai cara untuk berkomunikasi dengan masyarakat, mulai dari pidato, kampanye, hingga media massa.

Secara keseluruhan, komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga hubungan sosial dan membangun komunitas yang harmonis dalam masyarakat.

Kesimpulan

Sosial komunikasi memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Melalui komunikasi, individu dapat saling berinteraksi, berbagi informasi, serta membangun hubungan sosial. Terdapat berbagai model komunikasi yang digunakan dalam masyarakat, serta contoh-contoh komunikasi yang terjadi dalam berbagai konteks, mulai dari percakapan sehari-hari hingga politik. Penting bagi kita untuk memahami pentingnya komunikasi dalam masyarakat agar dapat menjaga hubungan sosial dan memperkuat identitas sosial kita.

FAQ

1. Apa bedanya komunikasi verbal dan non-verbal?

Komunikasi verbal melibatkan penggunaan kata-kata atau bahasa untuk menyampaikan pesan, sedangkan komunikasi non-verbal melibatkan bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan gerakan fisik lainnya.

2. Mengapa komunikasi penting dalam masyarakat?

Komunikasi penting dalam masyarakat karena melalui komunikasi, individu dapat saling berinteraksi, berbagi informasi, serta membangun hubungan sosial yang harmonis.

3. Bagaimana media sosial mempengaruhi komunikasi dalam masyarakat?

Media sosial memungkinkan orang-orang untuk berkomunikasi dengan mudah melalui berbagai platform online, sehingga memperluas jangkauan komunikasi dalam masyarakat.

4. Apa peran komunikasi dalam konteks politik?

Dalam konteks politik, komunikasi digunakan oleh politikus untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja kepada masyarakat serta untuk mempengaruhi pendapat publik.

5. Bagaimana cara meningkatkan keterampilan komunikasi dalam masyarakat?

Untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dalam masyarakat, penting untuk mendengarkan dengan baik, berbicara dengan jelas dan lugas, serta memperhatikan bahasa tubuh dan ekspresi wajah ketika berkomunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *