Scroll untuk baca artikel
Pariwisata

Alat masak paling aman, berbahan keramik atau baja tahan karat?

45
×

Alat masak paling aman, berbahan keramik atau baja tahan karat?

Sebarkan artikel ini

TEGALPOS.COM – DKI Jakarta –

Saat memilih peralatan masak, orang-orang disarankan untuk mempertimbangkan mana yang paling aman demi pemakaian jangka panjang. Lalu apa substansi yang tersebut disarankan?

 

Koki di area Center for Integrative & Lifestyle Medicine, the Cleveland Clinic Jim Perko mengungkapkan secara teknis, pilihan peralatan masak yang dimaksud paling sehat sekaligus aman bukanlah keramik atau berbahan PTFE yang tersebut identik dengan merek Teflon melainkan kaca lalu baja tahan karat.

 

“Jika Anda dapat menggunakan atau membeli panci serta wajan berbahan kaca atau Pyrex, yang mana terbuat dari baja tahan karat, ini pilihan yang digunakan lebih lanjut sehat untuk pemakaian seumur hidup,” kata beliau seperti dikutipkan dari laman Health pada Minggu.

 

Hal ini tergantung pada cara peralatan masak dilapisi. Ada beberapa faktor yang dimaksud perlu dipertimbangkan, termasuk jenis logam yang tersebut mendasarinya, lapisannya, lalu cara pengaplikasiannya.

 

Umumnya, peralatan masak keramik terbuat dari logam kemudian dilapisi dengan komponen antilengket, biasanya silikon. Ini adalah relatif lebih lanjut aman pada suhu yang dimaksud lebih tinggi tinggi, tetapi beberapa merek mungkin saja menggunakan lapisan yang dimaksud mengandung logam berat.

 

Sementara itu, untuk Teflon, pada masa kini menggunakan PFA yang mana menurut penelitian komponen kimia ini berhubungan dengan kesulitan kesehatan.

 

“Karena ada sejumlah merek yang mana berbeda, jenis pelapis serta cara pelapisan, dan juga jenis logam yang tersebut digunakan untuk memproduksi panci, maka ada banyak variabel terkait jangka waktu penyelenggaraan dan juga keamanan,” jelas Perko.

 

Dia menambahkan alat masak besi cor atau cast iron termasuk pilihan aman asalkan tiada digunakan untuk menggoreng atau memasak hidangan dengan suhu tinggi.

SUMBER ANTARANEWS.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *