Scroll untuk baca artikel
Kuliner

Tips memasak jeroan untuk kreasi hidangan Idul Adha

61
×

Tips memasak jeroan untuk kreasi hidangan Idul Adha

Sebarkan artikel ini

Ibukota – Dalam perayaan Idul Adha seringkali komunitas mengolah daging untuk hidangan yang dimaksud berkuah santan seperti tongseng, rendang, semur, malbi daging khas Palembang atau sate.

Koki selebritas Devina Hermawan memberikan salah satu rekomendasi hidangan lain selain kuah santan yang tersebut juga mampu disajikan sebagai kreasi hidangan ketika Idul Adha dari material jeroan.

“Kadang di Idul Adha suka dapat jeroan, itu jadi hidangan yang tak terlalu banyak dimasak pada rumah tapi kalau ada bagi yang digunakan suka itu jadi spesial,” katanya ketika ditemui media di konferensi pers Kitchenette Kitchen Takeover ke Jakarta, Jumat.

Untuk hidangan menggunakan jeroan sapi, Devina merekomendasikan untuk mengkreasikannya berubah jadi sambal paru. Dalam menghasilkan sambal paru, bagian paru harus dipersiapkan dengan baik agar tak bau pada waktu dimasak.

Prosesnya potong kecil-kecil paru mentah serta cuci dan juga bilas paru dengan air mengalir untuk menghurangi darahnya. Proses ini mampu diulang tiga hingga empat kali sampai air bilasan berubah menjadi bening.

Setelah itu, marinasi paru dengan garam kemudian tepung tapioka untuk menurunkan bau paru. Marinasi paru selama 30 menit hingga satu jam.

“Garam untuk ia meresap ke paru, dan juga tapioka akan menurunkan bau paru,” katanya.

Setelah itu, cuci kembali paru yang telah terjadi termarinasi dengan garam lalu tepung tapioka ke air mengalir sampai tepung menghilang. Jika telah bersih, potongan paru dapat direbus dengan potongan jahe sampai empuk, atau kira-kira 30-35 menit.

Jangan lupa untuk membuang air rebusan paru, langkah-langkah ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bau paru dan juga menghasilkan paru semakin empuk. Setelah itu olah paru sapi untuk dijadikan sambal paru yang mana nikmat.

Berikut resep sambal paru yang dimaksud diambil dari kanal YouTube Devina Hermawan untuk inspirasi hidangan Idul Adha.

Sambal Paru (untuk 5 porsi)

Bahan marinasi:
400 gram paru sapi
1 sdm garam
4 sdm tepung tapioka

Bahan bumbu halus:
10 siung bawang merah
7 siung bawang putih
200 gr cabai merah dan juga cabai merah keriting
6 buah cabai rawit merah

Bahan lainnya:
100 ml minyak
6 buah cabai rawit merah
1 batang serai
5 lembar daun jeruk
3 cm lengkuas
1 sdt asam jawa
2 sdm gula merah
300 ml air
1 sdt garam
1 sdt kaldu jamur atau kaldu sapi bubuk
½ sdt penyedap

Cara membuat:

1.Potong kotak paru tak lama kemudian cuci hingga bersih
2. Marinasi paru dengan garam lalu tapioka, aduk rata. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih. Rebus paru selama 30-35 menit, tiriskan.
3. Masukkan cabai merah, cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang putih lalu bawang merah ke pada food processor, haluskan hingga sedikit kasar.
4. Geprek serai juga lengkuas. Panaskan minyak, masukkan paru, lengkuas, serai, juga daun jeruk, masak hingga kecokelatan.
5. Masukkan bumbu halus masak hingga wangi kemudian masukkan air, garam, gula pasir, kaldu jamur, penyedap, asam jawa dan juga cabai rawit utuh. Masak hingga meresap.
6. Sambal paru siap disajikan.

Artikel ini disadur dari Tips memasak jeroan untuk kreasi hidangan Idul Adha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *