Scroll untuk baca artikel
Terpopuler

Sosial Deviasi: Pengertian, Macam, Dan Penyebabnya

32
×

Sosial Deviasi: Pengertian, Macam, Dan Penyebabnya

Sebarkan artikel ini

Sosial Deviasi: Pengertian, Macam, dan Penyebabnya

Pengertian Sosial Deviasi

Sosial deviasi merupakan suatu konsep dalam sosiologi yang merujuk pada perilaku yang menyalahi norma atau aturan sosial yang berlaku dalam masyarakat. Deviasi dapat terjadi dalam berbagai bentuk, mulai dari pelanggaran kecil hingga tindakan kriminal yang serius.

Macam-Macam Sosial Deviasi

Bab Penyimpangan Sosial  PDF
Bab Penyimpangan Sosial PDF

Ada beberapa macam sosial deviasi yang dapat terjadi dalam masyarakat. Pertama, deviasi positif yang merujuk pada perilaku yang dianggap positif namun tidak sesuai dengan norma yang berlaku. Contohnya adalah seorang siswa yang memilih untuk menolak tawaran tawuran meskipun dianggap tidak cool oleh teman-temannya.

Mengenal  Teori Penyimpangan Sosial & Penyebab Perilaku Menyimpang
Mengenal Teori Penyimpangan Sosial & Penyebab Perilaku Menyimpang

Kedua, deviasi negatif yang merujuk pada perilaku yang dianggap negatif dan melanggar norma sosial. Contohnya adalah tindakan kriminal seperti pencurian atau penipuan.

Arti Deviasi, Ketahui Macam-Macam dan Penyebabnya - Ragam Bola
Arti Deviasi, Ketahui Macam-Macam dan Penyebabnya – Ragam Bola

Selain itu, ada juga deviasi primer yang terjadi saat seseorang melanggar norma sosial untuk pertama kalinya. Sedangkan deviasi sekunder terjadi ketika seseorang sudah sering melanggar norma sosial dan dianggap sebagai bagian dari identitasnya.

Penyebab Sosial Deviasi

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang melakukan sosial deviasi. Salah satunya adalah ketidakmampuan individu untuk memahami atau menerima norma-norma sosial yang berlaku. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor pendidikan, lingkungan tempat tinggal, atau pengaruh teman sebaya.

Selain itu, ketidakstabilan emosi atau gangguan mental juga dapat menjadi penyebab sosial deviasi. Seseorang yang mengalami depresi atau gangguan kepribadian mungkin cenderung melakukan perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma sosial yang berlaku.

Terakhir, faktor ekonomi juga dapat menjadi penyebab sosial deviasi. Ketidakmampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka secara legal mungkin mendorong mereka untuk melakukan tindakan kriminal atau melanggar norma sosial yang berlaku.

Kesimpulan

Dalam masyarakat, sosial deviasi merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Namun, penting bagi kita untuk memahami penyebab dan dampak dari sosial deviasi agar dapat mengatasi masalah ini dengan lebih baik. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang sosial deviasi, diharapkan masyarakat dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan harmonis bagi semua individu.

FAQ

1. Apakah semua sosial deviasi bersifat negatif?
Tidak, ada juga sosial deviasi yang bersifat positif dan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat.

2. Bagaimana cara mencegah sosial deviasi?
Salah satu cara untuk mencegah sosial deviasi adalah dengan memberikan pendidikan yang baik kepada masyarakat tentang norma-norma sosial yang berlaku.

3. Apakah sosial deviasi selalu berdampak buruk?
Tidak selalu, terkadang sosial deviasi juga dapat memicu perubahan positif dalam masyarakat.

4. Apakah faktor ekonomi merupakan penyebab utama dari sosial deviasi?
Meskipun faktor ekonomi dapat menjadi penyebab sosial deviasi, namun tidak selalu demikian. Ada banyak faktor lain yang juga dapat mempengaruhi terjadinya sosial deviasi.

5. Bagaimana cara menangani individu yang melakukan sosial deviasi?
Penting untuk memberikan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan kepada individu yang melakukan sosial deviasi, termasuk melalui rehabilitasi dan dukungan sosial yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *