Scroll untuk baca artikel
Berita

Pantas Warga Kosta Rika Panjang Umur, Ternyata Begini Pola Makannya

49
×

Pantas Warga Kosta Rika Panjang Umur, Ternyata Begini Pola Makannya

Sebarkan artikel ini

  • Berikut rincian lengkap menu juga pola makan yang digunakan diterapkan oleh warga Kosta Rika.
  • 1. Kacang
  • 2. Buah kemudian Sayuran Segar
  • 3. Beras juga Jagung
  • 4. Kopi

Jakarta, CNBC IndonesiaJika ingin miliki umur yang mana panjang, mengawasi pola hidup warga Kosta Rika dapat dijadikan sebagai acuan. Sebab, Kosta Rika adalah salah satu “rumah” bagi orang-orang yang tersebut berumur panjang.

Diketahui, Kosta Rika adalah salah satu lima wilayah yang dimaksud ditetapkan sebagai Blue Zone (Zona Biru). Publik Zona Biru terkenal miliki umur yang mana panjang oleh sebab itu menerapkan gaya hidup sehat.

Sebagai informasi, lima wilayah yang tersebut masuk sebagai Zona Biru adalah Ikaria, Yunani; Okinawa, Jepang; Wilayah Ogliastra, Sardinia, Italia; Loma Linda, California, Amerika Serikat (AS); lalu Semenanjung Nicoya, Kosta Rika.

Melansir dari CNBC Make It, warga Kosta Rika, Melissa Guzman mengungkapkan bahwa rahasia panjang umur bagi warga dalam negaranya adalah menerapkan pola makan juga gaya hidup “pura vida”.

“Bagi warga Kosta Rika, makanan serupa pentingnya dengan pengalaman di dapur juga pada meja makan. Kami sangat menghargai komunitas yang digunakan terlibat di memasak,” cerita Guzman, disitir Selasa (25/7/2024).

“Saat berkembang dewasa, saya terus-menerus membantu keluarga menyiapkan makanan dan juga memanen beberapa bahan,” sambungnya.

Menurut Guzman, masyarakat Kosta Rika terbiasa menghabiskan waktu setidaknya selama satu jam untuk makan siang dan juga makan malam. Mereka cenderung memanfaatkan waktu makan siang juga di malam hari untuk membicarakan keseharian masing-masing.

“Pendekatan kolektif serta penuh perhatian terhadap makanan seperti ini adalah sesuatu yang digunakan ingin saya bagikan untuk siswa yang mengikuti kelas memasak saya,” kata Guzman.

“Ini bukanlah hanya sekali tentang makanan yang mana kita makan, tapi hubungan yang tersebut terjadi di dalam sekitarnya,” lanjutnya.

Tidak semata-mata kebiasaan yang mana dilaksanakan ketika maka, pola juga menu makan ternyata juga turut berpengaruh terhadap kesehatan, kebahagiaan, kemudian panjangnya usia komunitas Kosta Rika. Menurut Guzman, masakan Kosta Rika cenderung simpel lalu segar.

Lantas, apa sekadar makanan yang digunakan dikonsumsi warga Kosta Rika sehingga sanggup merasa lebih tinggi segar juga bahagia di jangka panjang?

“Kami makan nasi serta kacang-kacangan, baik hitam atau merah, dua sampai tiga kali sehari. Makan siang makanan ini disebut casado,” jelas penulis buku Living Longer, Healthies, and Happier: Recipes from Costa Rica itu.

“Sementara sarapannya disebut gallo pinto. Itu terdiri berhadapan dengan nasi serta kacang-kacangan yang digunakan dicampur dengan bawang bombay, paprika, lalu daun ketumbar, disertai tortilla jagung dan juga kopi,” sambungnya.

Berkat kombinasi biji-bijian, protein, asam amino, juga antioksidan, peneliti umur panjang kemudian pencipta istilah “Blue Zones”, Dan Buettner menyimpulkan bahwa gallo pinto adalah sarapan paling sehat di dalam dunia.

Berikut rincian lengkap menu serta pola makan yang digunakan diterapkan oleh masyarakat Kosta Rika.

1. Kacang

Kacang adalah sumber protein, serat, karbohidrat kompleks, prebiotik, vitamin, juga mineral. Sejumlah studi sudah pernah mengaitkan hubungan antara kacang dan juga penurunan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung kemudian diabetes.

Menurut Guzman, warga Kosta Rika sangat menyukai kacang hitam serta kacang merah. Biasanya, kedua jenis kacang itu diolah sebagai sup atau disajikan sebagai bagian dari casado, yakni hidangan tradisional yang dimaksud terdiri menghadapi nasi, kacang-kacangan, sayuran, dan juga protein.

“Buncis dan juga lentil juga sangat populer ke di tempat ini juga dapat digunakan sebagai substitusi kacang hitam tradisional,” kata Guzman.

2. Buah serta Sayuran Segar

Buah kemudian sayuran ke Kosta Rika umumnya dimakan segar dan juga bukan dikeluarkan dari kaleng atau freezer. Beberapa buah yang tersebut rutin dikonsumsi oleh warga Kosta Rika adalah pepaya, mangga, pisang, semangka, nanas, lalu markisa.

Sementara itu, sayuran yang berubah menjadi favorit bagi rakyat Kosta Rika adalah kentang, wortel, tomat, alpukat, bawang bombay, bit, yucca, juga zucchini. Biasanya, sayuran itu dimakan mentah, dicincang kemudian direbus, atau dicampur sedikit protein hewani untuk menambah rasa.

3. Beras serta Jagung

“Biji-bijian, seperti nasi dan juga jagung hadir di makanan kita, teristimewa sebagai pelengkap kacang-kacangan serta sayuran yang mana kita makan,” ungkap Guzman.

“Misalnya, tortilla digunakan untuk memakan picadillo pada apa yang digunakan kami sebut “gallos.” Arroz con pollo adalah hidangan tradisional Kosta Rika yang tersebut terdiri dari nasi, sejumlah sayuran cincang, dan juga beraneka potongan ayam,” imbuhnya.

Menurut Guzman, selain dinikmati sebagai menu sehari-hari, konsumsi-konsumsi yang dimaksud juga sangat populer pada beberapa perayaan, seperti ulang tahun.

4. Kopi

Kopi Kosta Rika dikenal mengandung radikal bebas yang dimaksud lebih tinggi serta dapat membantu mengempiskan peradangan. Guzman mengungkapkan, umumnya minuman manis tidak bagian besar dari budaya minum kopi.

“Kopi pada di tempat ini dinikmati hitam atau dengan sedikit susu. Serupa dengan makanan lainnya, secangkir kopi paling enak dinikmati secara perlahan,” ujar Guzman.

Artikel ini disadur dari Pantas Warga Kosta Rika Panjang Umur, Ternyata Begini Pola Makannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *