Scroll untuk baca artikel
Internasional

Finlandia setujui kesepakatan pertahanan dengan Negeri Paman Sam

38
×

Finlandia setujui kesepakatan pertahanan dengan Negeri Paman Sam

Sebarkan artikel ini

London – Parlemen Finlandia pada Hari Senin (1/7) dengan kata-kata bulat menyetujui perjanjian pertahanan yang dimaksud mengizinkan diperkenalkan militer Amerika Serikat (AS) kemudian penyimpanan material bidang pertahanan pada negara Nordik tersebut, menurut media setempat.

Perjanjian Kerja Sama Keamanan AS-Finlandia yang ditandatangani oleh pemerintah pada Desember tak lama kemudian memberikan Washington akses ke 15 pangkalan militer Finlandia untuk kemungkinan digunakan oleh pasukan pertahanan AS.

Perjanjian yang disebutkan juga akan menciptakan Finlandia akan mengizinkan Amerika Serikat untuk mengakibatkan peralatan pertahanan, perlengkapan, material, lalu tentara ke Finlandia, menurut lembaga penyiaran nasional Yle.

Kesepakatan yang dimaksud menciptakan kerangka kerja bagi aktivitas Amerika Serikat kemudian penampilan merek yang digunakan lebih tinggi permanen dalam negara Skandinavia yang dimaksud berbatasan dengan segera dengan Rusia itu.

Kesepakatan itu juga akan memungkinkan pembentukan beberapa zona militer tertentu, yang mana akan mencakup sarana yang digunakan belaka dapat diakses oleh personel AS.

Selain itu, kerja sejenis antara kedua negara pada situasi krisis akan diperkuat.

Kimmo Kiljunen, ketua Komite Urusan Luar Negeri dari partai Sosial Demokrat, memuji pengesahan perjanjian itu sebagai "momen bersejarah" bagi negaranya.

"Tugas dari perjanjian ini, seperti halnya tugas keanggotaan Finlandia ke NATO, adalah untuk meningkatkan kekuatan keamanan Finlandia kemudian rakyat Finlandia," katanya menekankan.

Sebelas negara NATO lainnya, termasuk Swedia, Norwegia, lalu Denmark, telah dilakukan menyetujui secara resmi perjanjian mirip dengan AS.

Pemungutan pernyataan berhadapan dengan pakta pertahanan Swedia pada 18 Juni didahului oleh perdebatan sengit, dengan beberapa orang kritikus memberi peringatan bahwa perjanjian itu dapat mengarah pada pengerahan senjata nuklir lalu pangkalan militer Negeri Paman Sam ke Swedia.

Namun, ke Finlandia, beberapa jumlah anggota parlemen mengambil beberapa jumlah langkah untuk memverifikasi bahwa perjanjian itu menerapkan hukum nasional terhadap senjata nuklir, yang impor kemudian transitnya dilarang di dalam wilayah Finlandia, menurut pernyataan awal dari pemerintahan tersebut.

Setelah mendeklarasikan laporannya tentang perjanjian itu pekan lalu, Helsinki menyatakan bahwa pakta yang disebutkan didasarkan pada penghormatan terhadap kedaulatan, undang-undang lalu kewajiban Finlandia berdasarkan hukum internasional.

Finlandia mulai merundingkan kesepakatan dengan Washington pasca mengajukan keanggotaan NATO pada Mei 2022, pasca Rusia memulai perangnya dalam negeri Ukraina beberapa bulan sebelumnya.

Sumber: Anadolu

Artikel ini disadur dari Finlandia setujui kesepakatan pertahanan dengan AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *